Basic Structure SQL(select,from,where)

Struktur dasar dari ekspresi SQL terdiri dari tiga klausa yaitu : select, from, dan where.

· Klausa Select

Klausa Select berhubungan dengan operasi proyeksi dari aljabar relasional. Operasi ini digunakan untuk mendaftar Semua atribut yang diinginkan sebagai hasil suatu query.

Contoh:

Select nama from perusahaan_utama.

Perintah tersebut dimaksudkan untuk menampilkan data atau atribut nama perusahaan dari table atau entity perusahaan utama.



SQL mengijinkan untuk data yang terduplikat. Jika kita akan menampilkan table namun tidak menginginkan data yang ditampilkan terduplikat, maka diberikan keyword distinct setelah klausa select . Perintah select distinct digunakan untuk menampilkan attribute tetapi jika terdapat query yang lebih dari satu, maka perintah tersebut akan mengeliminasi query yang terduplikat hingga menjadi satu.

Perintah select juga dapat digunakan untuk perintah dengan operasi aritmatik seperti (+,-,*,/).

Contoh: karyawan cabang mendapatkan bonus gaji 50%.sehingga gaji yang didapat 150%. (gaji x 1.5).

Perintah untuk menampilkannya table-nya adalah:

Select nama, cabang, gaji *1.5 from karyawan_cabang



· Klausa From

Klausa from berhubungan dengan operasi Cartesian-product dari aljabar relasional. Operasi ini mencatat semua relasi yang di “scan” dalam evaluasi suatu query. Klausa from sangat berhubungan dengan klausa select. Klausa from digunakan untuk menampilkan pada table atau entity mana yang akan ditampilkan melalui klausa select.

Contoh:

Select nama from perusahaan_utama

Perintah tersebut dimaksudkan untuk menampilkan data atau atribut nama perusahaan dari table atau entity perusahaan utama




· Klausa Where

Klausa Where berhubungan dengan operasi predikat seleksi dari aljabar relasional. Operasi ini terdiri dari sebuah predikat yang menyangkut atribut-atribut dari relasi yang muncul dalam klausa from. Perintah where digunakan untuk menampilkan atribut dari dua atau lebih table.

Contoh:

Untuk menampilkan atribut nama karyawan cabang, gaji, dan alamat tempat karyawan tersebut bekerja dari table cabang dan karyawan_cabang, maka query nya ialah

select karyawan_cabang.nama, gaji, cabang.alamat_cabang from karyawan_cabang, cabang where cabang.nama=karyawan_cabang.cabang



Perintah where juga digunakan bersama perintah between. Perintah between digunakan untuk menampilkan kisaran nilai yang diinginkan.

Contoh:

Untuk menampilkan data nama karyawan cabang dan gaji. Namun yang ditampilkan hanya gaji pada kisaran 700000 hingga 2000000. maka query nya adalah

select nama, gaji from karyawan_cabang where gaji between 700000 and 2000000

0 Response to "Basic Structure SQL(select,from,where)"

Posting Komentar