Tutorial Membuat E-R Diagram

Sebelum membuat diagram entity-relationship, saya akan menjelaskan komponen-komponen utama pada diagram E-R tersebut. Komponen-komponen tersebut ialah:

* Entitas

Suatu obyek yang dapat dibedakan dari lainnya yang dapat diwujudkan dalam basis data. Contoh Entitas dalam lingkungan bank terdiri dari : (Nasabah, Simpanan, Hipotik). Contoh Entitas dalam lingkungan universitas terdiri dari : (Mahasiswa, mata kuliah). Entitas dalam lingkungan perusahaan terdiri dari : (Mahasiswa, mata kuliah). Kumpulan dari entitas disebut Himpunan Entitas, Contoh : semua nasabah, semua mahasiswa, Contoh data operasional : data keuangan, data mahasiswa, data pasien.

* Atribut (Elemen Data)

Karakteristik dari suatu entitas. Contoh : Entitas Mahasiswa atributnya terdiri dari Npm, Nama, Alamat, Tanggal lahir.

* Nilai Data (Data Value)

Isi data / informasi yang tercakup dalam setiap elemen data. Contoh Atribut Nama Mahasiswa dapat berisi Nilai Data : Diana, Sulaeman, Lina

* Kunci Elemen Data (Key Data Element)

Tanda pengenal yang secara unik mengidentifikasikan entitas dari suatu kumpulan entitas. Contoh Entitas Mahasiswa yang mempunyai atribut-atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir menggunakan Kunci Elemen Data npm.

* Record Data

Kumpulan Isi Elemen data yang saling berhubungan. Contoh : kumpulan atribut npm, nama, alamat, tanggal lahir dari Entitas Mahasiswa berisikan : 10200123, Sulaeman, Jl. Sirsak 28 Jakarta, 8 Maret 1983.

Berikut ini adalah contoh narasi untuk membuat E-R diagram

Komisi Persaingan Usaha Sehat akan membuat sebuah database tentang perusahaan-perusahaan yang diawasi oleh Komisi Persaingan Usaha Sehat tersebut. Dalam database tersebut terdapat 5 entity set yang mana untuk tiap-tiap entity set tersebut terdapat attributs. Pada database tersebut, terdapat data tentang perusahaan utama yang memiliki karyawan. Selain itu perusahaan utama memiliki cabang perusahaan yang mana untuk tiap-tiap cabang perusahaan terdapat karyawan. Perusahaan utama juga menghasilkan produk. Namun tidak ada perusahaan yang membuat nama produk dengan sama.

Dalam database tersebut, perusahaan utama memiliki karyawan. Karyawan yang masuk pada perusahaan utama tersebut ditandai dengan tanggal masuk. Setiap karyawan perusahaan utama bekerja pada satu perusahaan. Setiap perusahaan utama memiliki karyawan. Setiap karyawan perusahaan utama tidak boleh bekerja pada lebih dari satu perusahaan utama. Selain itu karyawan perusahaan utama tidak dapat bekerja pada cabang perusahaan. Data perusahaan utama mencakupi nama perusahaan utama, alamat perusahaan utama, kode perusahaan utama, nomor telepon perusahaan utama. Data karyawan mencakupi nama karyawan perusahaan utama dan nomor pegawai perusahaan utama. Untuk data nomor telepon dapat berulang. Selain itu perusahaan utama memiliki cabang perusahaan. Untuk tiap-tiap cabang perusahaan ditandai dengan tanggal berdiri. Setiap cabang dibawahi oleh satu perusahaan utama. Setiap perusahaan utama boleh lebih dari satu memiliki cabang perusahaan. Data cabang perusahaan mencakupi nama cabang perusahaan, alamat cabang perusahaan, kode cabang perusahaan, nomor telepon cabang perusahaan. untuk nomor telepon dapat berulang. Untuk tiap-tiap cabang perusahaan tersebut memiliki karyawan. Karyawan yang masuk pada cabang perusahaan tersebut ditandai dengan tanggal masuk. Setiap karyawan cabang perusahaan bekerja pada satu cabang perusahaan. Setiap cabang perusahaan memiliki maksimal 10 karyawan. Karyawan cabang perusahaan tersebut tidak dapat bekerja pada cabang perusahaan lain maupun perusahaan utama. Data karyawan cabang perusahaan mencakupi nama karyawan dan nomor pegawai cabang perusahaan. Untuk data nomor telepon dapat berulang. Terakhir, perusahaan utama tersebut menghasilkan produk. Produk yang dihasilkan ditandai dengan tanggal terdaftar. Setiap produk dihasilkan satu perusahaan. Setiap perusahaan boleh menghasilkan lebih dari satu produk.Data produk mencakupi nama produk, nomor registrasi, dan jenis produk


0 komentar:

Poskan Komentar