Rabu, 30 Maret 2011

Sistem Informasi Manajemen

Konsep dasar dan kerangka kerja SI dalam pelaksanaan tugas-tugas manajemen untuk membawa organisasi dan bisnis memiliki keunggulan kompetitif

Tujuan belajar

Menjelaskan bagaimana SI dapat mendukung proses bisnis, pengambilan keputusan manajerial, dan berbagai strategi untuk keunggulan kompetitif.
Menjelaskan beberapa jenis utama SI dalam organisasi bisnis.
Menjelaskan tantangan dan peluang dalam mengelola, pengembangan SI dalam bidang bisnis.
Menjelaskan komponen-komponen SI berupa hardware, software, data, jaringan sebagai sumber daya dalam melakukan aktivitas SI untuk mengubah sumberdaya data menjadi produk informasi.

Kerangka kerja SI
(pokok bahasan SI)

Konsep-konsep dasar: Konsep dasar keperilakuan, teknis, bisnis, dan manajerial. Meliputi a.l. konsep SI berdasar dari terori dan sistem pendukung keunggulan kompetitif.
Teknologi informasi: Hardware, software, jaringan, manajemen data dan teknologi berbasis internet.
Aplikasi busnis: Penggunaan utama SI dalam organisasi (operasi, manajemen, dan keungulan kompetitif)
Proses pengembanan: Perencanaan, pengembangan, dan implementasi SI untuk memenuhi peluang bisnis.
Tantangan manajemen: Tantangan secara efektif dan etis mengelola TI pada tingkat pemakai akhir.

Sistem pendukung operasi

Sistem pendukung operasi meliputi :

Efisiensi dalam proses stransaksi bisnis.
Mengendalikan proses industrial
Mendukung komunikasi dan kerjasama
Memperbaharui database perusahaan.

Sistem pendukung manajemen

Sistem pendudukung manajemen :

Memberikan informasi dan dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh manajer.

Beberapa jenis sistem pendukung manajemen

Management Information Systems (MIS)
Memberikan informasi dalam bentuk laporan dan tampilan pada manajer.
Contoh : laporan analisis penjualan harian.
Decision Support Systems (DSS)
Memberikan dukungan pada manajer selama proses pengambilan keputusan.
Contoh : Analisis what-if untuk menguji dampak berbagai anggaran iklan atas prediksi penjualan.
Executive Information Systems (EIS)
Memberikan informasi penting untuk eksekutif dan manajer.
Contoh : kemudahan dalam berbagai area utama kinerja organisasi dan persaingan.

Sistem operasi maupun manajemen




1. Expert Systems

lMemberikan saran pakar untuk tugas-tugas dasar operasi, misal diagnsan perelngkapan, atau keputusan manajerial.

2. Knowledge Management Systems

SI berbasis pengetahuan yang mendukung pembentukan, penaturan, dan penyebaran pengetahuan bisnis ke para pegawai dan manajer

Ukuran keberhasilan SI

1. Efficiency

Meminimalkan biaya, waktu, dan penggunaan sumber daya informasi.

2. Effectiveness

Mendukung strategi bisnis
Memungkinkan proses bisnis
Meningkatkan struktur organisasi dan budaya
Meningkatkan nilai pelanggan dan bisnis perusahaan

Pengertian Sistem
Sistem adalah :

Sekelompok komponen yang saling berhubungan.
Dengan ruang lingkup yang jelas.
Bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama.
Dengan menerima input serta menghasilkan output dalam proses transformasi yang teratur.

3 komponen/fungsi dasar dalam sistem

Input melibatkan penangkapan dan perakitan berbagai elemen yang memasuki sistem untuk diproses.
Processing melibatkan proses transformasi yang mengubah input menjadi output.
Output melibatkan perpindahan elemen yang telah diproduksi oleh proses transformasi ke tujuan akhir.

Komponen-komponen SI

1. Sumber Daya Manusia

Pemakai akhir: pengguna SI atau informasi yang dihasilkan oleh sistem tsb. Contoh : staf admninistrasi, pelanggalan, manajer, teknisi, pekerja ahli.
Pakar SI: yang mengembangkan dan mengoperasikan sistem. Contoh : analisis sistem, pembuat software, operator sistem, personal manajerial.

2.Sumber Daya Hardware

Semua peralatan dan bahan fisik yang digunakan dalam pemosesan informasi. Contoh sistem komputer dan berbagai periferal yang saling berhubungan (keyboard, mouse, printer, disk magnetis dll)

3.Sumber Daya Software

lSemua rangkaian perintah pemrosesan informasi, termasuk program dn prosedur. Cotoh software sistem, sofware aplikasi, prosedur.

4.Sumber Daya Data

Berbagai fakta yang digunakan dalam transaksi bisnis. Contoh data teks,
Database menyimpan data yang diproses dan diatur.

5.Sumber Daya Jaringan

Media komunikasi
Infrastructur jaringan : hardware dan software
Internet, intranet dan extranet

Data versus Informasi

lData adalah fakta atau observasi mentah mengenai fenomena fisik atau transaksi bisnis. Sehingga data merupakan sumber daya bahan baku mentah yang diproses menjadi produk informasi jadi.
lInformasi merupakan data yang telah diubah menjadi konteks yang berarti dan berguna bagi pemakai akhir.

Contoh :

Data penjualan : nama, kuantitas, jumlah uang dicatat dalam formulir penjualan mewakili data transaksi penjualan.
Informasi penjualan : jumlah penjualan berdasarkan jenis produk, wilayah penjualan atau tenaga penjualan

Aktivitas SI

Input sumberdaya data ;
Contoh : Aktivitas entri data
Pemrosesan data menjadi informasi :
Contoh : penghitungan, perbandingan, pemilahan, pengklasisikasian, pengikhtiaran.
Output produk informasi :
Contoh : laporan, formulir, gambar grafis, pesan .
lPenyimpanan sumber daya data :
Contoh : elemen data, database
Pengendalian kinerja sistem :
Contoh : pengawasan dan evaluasi umpan balik

Mengenali SI

Harus mampu mengidentifikasi :

Sumber daya manusia, hardware, software, data dan jaringan yang digunakan.
Jenis produk informasi yang dihasilkan.
Cara melakukan aktivitas input, pemrosesan, output, penyimpanan, dan pengendalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar